Minggu, 06 November 2011

PROGRAM PC MUHAMMADIYAH PADANGSIDIMPUAN UTARA


PROGRAM PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH
PADANGSIDIMPUAN UTARA
PERIODE 2010 – 2015

BAB I
MUQADDIMAH

Alhamdulillahirabbil alamin, dengan limpahan ridha, karunia, hidayah, dan taufik Allah SWT maka Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam  dapat menjalankan dakwah dan tajdid untuk membawa keselamatan hidup umat manusia di dunia dan akhirat. Gerakan dakwah dan tajdid yang dijalankan oleh Muhammadiyah diwujudkan melalui berbagai usaha yang kemudian diterjemahkan ke dalam program dan kegiatan yang tujuan utamanya menuju tercapainya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dalam jangkauan yang lebih luas misi dakwah dan tajdid Muhammadiyah itu tidak lain sebagai perwujudan mengemban risalah Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.
Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang menjadi tujuan Muhammadiyah memang merupakan cita-cita luhur yang mungkin tidak akan terwujud secara ideal, tetapi sebagai suatu perjuangan gerakan Islam hal itu harus terus diusahakan sehingga setidak-tidaknya mendekati pencapaian masyarakat yang diidam-idamkan itu. Tugas utama Muhammadiyah ialah tidak kenal berhenti dalam berusaha untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, baik dalam kehidupan masyarakat Muhammadiyah maupun umat Islam dan masyarakat luas pada umumnya, sehingga pada setiap tahapan perkembangan dicapai kondisi yang semakin lebih baik dalam menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
Muhammadiyah dalam mencapai tujuan terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya melakukan perjuangan melalui usaha yang diwujudkan ke dalam program, amal usaha, dan kegiatan. Dalam menjalankan usahanya itu Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang menjalankan misi dakwah dan tajdid senantiasa dilandasi, dijiwai, dan diarahkan oleh ajaran Islam yang antara lain menyuruh mengajak kepada kebaikan, mengajak kepada yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, menunaikan risalah Tuhan, dan berjihad di jalan-Nya, sebagaimana pesan Allah SWT dalam al-Quran di bawah ini:
          Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung (QS Ali Imran: 104) 
       (Yaitu) orang-orang yang jika kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan (QS Al-Hajj: 41)
       Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka (QS As-Syura: 38)
     Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar- benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik (QS Al-Ankabut: 69)
Berdasarkan uraian di atas maka disusun  Program Pimpinan Cabang Padangsidimpuan utara  dengan sistematika sebagai berikut:

Bab
I
:
Muqaddimah, berisi gambaran kondisi   ummat, kondisi dan proyeksi Muhammadiyah, serta sintematika program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara
Bab II
:
Program Pimpinan Cabang  Muhammadiyah Padang sidimpuan utara 2010-2015  yang memaparkan rincian Program umum dan program perbidang yang akan dilaksanakan pada periode lima tahun yang akan datang
Bab III
:
Khatimah yang memaparkan tentang perlunya tekad yang bulat serta mobilisasi segenap kekuatan untuk diarahkan bagi terlaksananya program Pimpinan Cabang  Muhammadiyah  Padangsidimpuan Utara.

BAB II
PROGRAM PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH
PADANGSIDIMPUAN UATARA
 PERIODE 2010-2015

A. Gambaran Umum Program

Pada program Pimpinan Cabang  lima tahun ditetapkan dua aspek yaitu visi pengembangan dan program pengembangan. Visi pengembangan adalah kondisi/keadaan yang ingin diwujudkan sebagai tujuan dari setiap program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara. Adapun program pengembangan yakni rencana kegiatan yang akan dilaksanakan yang pelaksanaannya dijabarkan kemudian dalam bentuk jenis-jenis kegiatan dari program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padangsdimpuan Utara
Program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padang sidimpuan Utara  dikategorisasikan ke dalam dua aspek yaitu program umum dan program perbidang. Program umum merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat lintas aspek dan lintas majelis/lembaga yang koordinasinya langsung oleh Persyarikatan atau Majelis/Lembaga tertentu atau badan lain yang dimandati Pimpinan Persyarikatan untuk menjadi koordinator dalam pelaksanaan program tersebut. Adapun program perbidang merupakan rencana kegiatan yang bersifat aspek tertentu yang pelaksanaannya di bawah Majelis/Lembaga tertentu.
 Adapun kerangka kebijakan program Pimpinan Cabang Muhammadiyah padangsidimpuan Utara  periode 2010-2015 adalah sebagai berikut:

B.   Program Umum

1.      Program Konsolidasi Ideologis
a.  Visi Pengembangan
  Teraktualisasikannya prinsip-prinsip, idealisme, dan konsep-konsep dasar gerakan yang menunjukkan keunggulan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang maju serta berperan aktif-strategis dalam dinamika kehidupan umat dan bangsa

b.  Program Pengembangan
1)   Mengintensifkan pembinaan ideologi di seluruh lingkungan organisasi termasuk di amal usaha, majelis/lembaga, dan organisasi otonom Muhammadiyah melalui berbagai usaha yang terintegrasi sehingga prinsip, visi, dan misi Muhammadiyah teraktualisasi dalam aktivitas gerakan.
2) Mengintensifkan dan memasyarakatkan Manhaj Gerakan Muhammadiyah (Muqaddimah, Kepribadian, Khittah, Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup, Pedoman Hidup Islami, dan lain-lain) sebagai sumber inspirasi, acuan, dan tuntunan dalam seluruh lingkungan organisasi dan anggota Persyarikatan.
3)  Pembinaan dan pengembangan sekolah-sekolah, organisasi otonom, dan lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai pusat pembibitan kader

2.  Program Konsolidasi Kelembagaan
a. Visi Pengembangan
Berkembangnya kualitas institusi organisasi yang menunjukkan keunggulan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang maju/modern serta berperan dalam dinamika kehidupan umat, dan bangsa.
             b. Program Pengembangan
1) Meningkatkan organisasi dan kepemimpinan yang lebih efektif sehingga organisasi dan kepemimpinan tidak bertumpu pada figur tetapi lebih berbasis sistem.
 2) Membangun kinerja organisasi yang efektif,  efisien dan akuntabel, dengan menitik beratkan perhatian pada upaya fungsionalisasi seluruh jajaran organisasi, sehingga Muhammadiyah menjadi organisasi yang maju/modern dan melaksanakan prinsip-prinsip good governance (tata kelola yang baik).
3)  Meningkatkankan pembinaan  Ranting , koordinasi, komu nikasi, dan kunjungan ke ranting
4)  Penyusunan data base Persyarikatan  untuk berbagai kepentingan dan pengembangan organisasi.
5) Meningkatkan kordinasi dan komunikasi pimpinan Persyarikatan dengan organisasi otonom .
6) Meningkatkan, mengembangkan, dan menerapkan sistem tatakelola organisasi dan tatakelola keuangan  berdasarkan pada prinsip amanah, kejujuran, keterbukaan, dan tersistem.

3.    Program Pemberdayaan Anggota dan Kader
a.   Visi Pengembangan
Berkembangnya kuantitas, kualitas, dan kapasitas anggota serta kader Muhammadiyah sebagai sumberdaya pelaku gerakan dalam upaya mewujudkan terbentuknya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
b.    Program Pengembangan
1) Pengembangan jumlah anggota secara proaktif sebagai bagian penting dari strategi gerakan untuk mewujudkan tujuan Muhammadiyah
2) Meningkatkan perhatian dan usaha yang berkaitan kesejahteraan dan masa depan kader sebagai bagian penting dari transformasi peran kader dalam lingkup persyarikatan, kader umat, dan kader bangsa.
3)  Menggalang potensi kader Muhammadiyah yang tersebar di berbagai lembaga pemerintahan (eksekutif, legislatif, dan lainnya) dan lembaga-lembaga profesi serta institusi-institusi lainnya untuk pengembangan visi dan misi Persyarikatan.

 C. Program Perbidang  

1.  Program Bidang Tabligh
a.  Visi Pengembangan
      Berkembang gerakan tabligh Muhammadiyah dalam pembinaan keagamaan yang bersifat meneguhkan dan mencerahkan sehingga Islam dihayati, dipahami, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari
b.  Program Pengembangan
1)   Menghidupkan dan mengembangkan berbagai jenis pengajian di lingkungan Persyarikatan dan umat Islam
2)   Mengoptimalkan pengelolaan masjid dan musholla sebagai sarana pembinaan keislaman dan aktivitas keumatan yang sensitif terhadap masalah serta dinamika kehidupan masyarakat setempat.
3)   Mengusahakan peningkatan sarana dan sumber dana untuk mempermudah pengembangan fungsi tabligh dan peran mubaligh dalam kehidupan masyarakat.
4)    Peningkatan fungsi media tabligh seperti buletin, website, dan media lainnya yang menyajikan materi/pesan tabligh yang bersifat membimbing, meneguhkan, menggembirakan, dan mencerahkan
2.  Program Bidang Pendidikan
a.   Visi Pengembangan
       Berkembangnya kualitas dan ciri khas pendidikan Muhammadiyah yang unggul,  dan bertatakelola baik yang didukung oleh pengembangan iptek  sebagai wujud aktualisasi gerakan dakwah dan tajdid dalam membentuk manusia yang utuh sebagaimana tujuan pendididikan Muhammadiyah.
b.  Program Pengembangan
1)  Meningkatkan peran dan fungsi lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai pusat pembelajaran yang mencerahkan, mencerdaskan dan memberdayakan peserta didik sehingga menjadi manusia yang bertaqwa, berilmu pengetahuan, terampil, berkepribadian kuat, mandiri, berorientasi ke masa depan dan bertanggung jawab terhadap kehidupan masyarakat, umat dan bangsa.
.2) Meningkatkan dan memperkuat peran dan fungsi pendidikan Muhammadiyah sebagai pusat perkaderan dengan pembinaan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Kepanduan Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TS), dan sebagai organisasi intra kurikuler melalui pengembangan kegiatan-kegiatan intra dan ekstra kulikuler
3) Meningkatkan mutu pendidikan Muhammadiyah sehingga memenuhi delapan standar pendidikan nasional
4) Memperkuat ukhuwah dan silaturrahim antar lembaga pendidikan melalui penyelenggaran kegiatan musabaqah, olimpiade, turnamen olah raga, festival kesenian dan kegiatan lain yang menumbuhkan semangat, kebanggaan dan persatuan di antara warga Muhammadiyah.
 3.  Program Bidang Perkaderan
a.   Visi Pengembangan
Berkembangnya kualitas anggota dan kader Muhammadiyah sebagai pelaku gerakan yang memiliki  komitmen ideologis, dan mampu memajukan serta menyebaruaskan peran Muhammadiyah dalam dinamika kehidupan umat, dan bangsa.
b.   Program Pengembangan
1)  Mengupayakan  pelaksanaan  Perkaderan bagi pimpinan dan  anggota Muhammadiyah
2)  Mengintensifkan dan  pembinaan anggota melalui Darul Arqam, Baitul Arqam, pengajian, khusus, dan berbagai perkaderan lainnya yang bersifat spesifik.
3) Meningkatkan proses transformasi kader dengan banyak melibatkan dan memberi peran kepada kader Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dalam berbagai aktifitas Persyarikatan.
4)  Melakukan koordinasi kaderisasi dengan organisasi otonom

4 . Program Bidang Pustaka dan Informasi
a.  Visi Pengembangan
Terbangunnya budaya pustaka dan informasi sebagai organisasi Islam modern di tengah dinamika perkembangan masyarakat yang kompleks.
b.    Program Pengembangan
1)  Peningkatan pengelolaan perpustakaan mesjid yang berfungsi untuk pengembangan pengetahuan dan informasi warga persyarikatan dan masyarakat luas.
2) Mengembangkan sistem informasi Muhammadiyah dengan pemanfaatan multimedia dan teknologi informasi untuk menopang aktivitas persyarikatan meliputi media elektronik,  radio, media internet dan media cetak,  dan lain-lain.
3) Menyusun database  anggota, profil pimpinan, kegiatan Muhammadiyah
4)  Mengelola website Muhammadiyah Cabang Padangsidimpuan Utara

 5.  Program Bidang Ekonomi dan ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah)
a.  Visi Pengembangan
Berkembangnya kapasitas dan bangkitnya kembali etos ekonomi Muhammadiyah untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan umat.
b.  Program Pengembangan
.1) Mengembangkan pemberdayaan ekonomi yang berskala mikro, kecil, dan menengah yang didasarkan atas kekuatan sendiri sebagai wujud cita-cita kemandirian ekonomi umat.
2) Peningkatan gerakan ekonomi di kalangan warga Muhammadiyah disertai pembentukan mentalitas dan budaya kewirausahaan sebagai kekuatan ekonomi.
3) Optimalisasi usaha-usaha penggalian, pencarian, dan pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah secara lebih proaktif, terorganisasi, dan terkelola dengan prinsip tatakelola yang baik
4) Pengembangan pemanfaatan fungsi pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah ke hal-hal yang lebih produktif
 6.    Program Bidang Pemberdayaan Masyarakat
a.  Visi Pengembangan
       Meningkatnya kapasitas, daya saing, posisi tawar, dan intensitas pemberdayaan masyarakat berbasis misi Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO) dan gerakan Al-Ma’un menuju kehidupan masyarakat yang lebih adil, sejahtera, dan berkeadaban.
b.  Program Pengembangan
1)    Mengaplikasikan konsep-konsep gerakan seperti implementasi Teologi/Fikih Al-Ma’un dan model pemberdayaan masyarakat lainnya yang terpadu dengan sistem gerakan Muhammadiyah.
.2)   Meningkatkan kapasitas pengorganisasian dan pengembangan program pemberdayaan masyarakat dengan meanfaatkan berbagai dayadukung yang dimiliki Persyarikatan.
3)  Meningkatkan jaringan hubungan dan kerjasama baik di lingkungan Persyarikatan maupun lembaga-lembaga lain yang memiliki kepedulian pada pengembangan  masyarakat madani sejalan dengan prinsip gerakan Muhammadiyah.
4)    Membantu mengembangkan  pemberdayaan masyarakat yang bersifat bottom-up dan partisipatif

BAB III

KHATIMAH

 

Program Pimpinan Cabang Muhammadiyah  Padangsidimpuan Utara ini sebagai rangkaian kegiatan merupakan perwujudan operasional dari pelaksanaan usaha Persyarikatan menuju pencapaian terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara ini sekaligus sebagai bagian terpadu dan tidak terpisahkan dari misi dakwah dan tajdid yang dilaksanakan Muhammadiyah selaku gerakan Islam. Dengan demikian melalui program yang dilaksanakannya harus mampu membawa perubahan konstruktif yang bersifat pencerahan dalam bentuk membebeskan, memberdayaan, dan memajukan kehidupan anggota Persyarikatan maupun umat Islam, masyarakat/bangsa, serta umat manusia keseluruhan

Program  Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara ini sebagai bagian dari ikhtiar yang terorganisasi dalam melaksanakan usaha-usaha dan mencapai visi Persyarikatan dituntut untuk dilaksanakan seoptimal mungkin dalam mendekatkan atau bahkan mencapai tujuan Muhammadiyah, yaitu terbentuknya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Karena itu segenap potensi, kemampuan, dana, daya dukung, dan infrastruktur organisasi harus dikerahkan dalam melaksanakan dan menyukseskan program ini.

Pelaksanaan program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan ini juga memerlukan komitmen (niat dan pengkhidmatan) yang tinggi, kerja keras, dan kerjasama yang kuat di seluruh lingkungan Persyarikatan sesuai dengan etos tajdid, jihad, dan ibadah dalam melaksanakan misi Muhammadiyah menuju terwujudnya masyarakat Islamyang sebenar-benarnya 

Akhirnya, keberhasilan pelaksanaan program Pimpinan cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan ini sebagai bagian dari usaha dakwah amar makruf nahi munkar tergantung pada kesungguhan ikhtiar dan do’a dari seluruh warga, kader, dan pimpinan Persyarikatan di Padangsidimpuan Utara dalam ikhtiar mewujudkan kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat, serta dalam meraih karunia dan ridha Allah Subhanahu Wata’ala.

Ditetapkan  di :  Padangsidimpuan
Pada Tanggal  :  14  Ramadhan  1432 H
                          14  Agustus     2011 M

PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH
PADANGSIDIMPUAN UTARA

         K e t u a                                                 sekretaris




AFWAN TARIHORAN, S.Pd. M.Pd.     ALI HAMSAH LUBIS, S.Pd
NBM.  752 492                                                                 NBM. 845.368

Tidak ada komentar:

Posting Komentar