Kamis, 15 Desember 2011

PIDATO KETUA PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH PADANGSIDIMPUAN UTARA

Pidato ini disampaikan pada acara Pengukuhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara tanggal 24 Oktober 2011.
 
Ketua PCM Padangsidimpuan Utara Afwan Tarihoran, M.Pd. 
Assalmu ‘alaikum Wr. Wb.
Syukur Alhamdullih mari sama kita sampaikan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmatNya kita dapat hadir dalam acara pelantikan ini. Salawat dan salam kepada Rasullullah, yang selalu kita jadikan contoh dan tauladan.
Yang kami hormati......
Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan, Pimpinan  Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara, Pimpinan Ranting Muhammadiyah se-cabang Padasidimpuan Utara, PC Aisyiah, Pemuda dan NA Padangsidimpuan Utara, PCM Padangsidimpuan Utara Periode 2005-2010, Kepala SD, SMP/MTs, SMA/MA dan Madrasah yang berada di Padangsidimpuan Utara serta hadirin sekalian yang dirahmati Allah
Pada malam ini telah kita saksikan bersama pengukuhan PCM Padangsidimpuan Utara periode 2010-2015 oleh PDM Kota Padangsidimpuan. Kami atas nama PCM mengucapkan terima kasih khususnya kepada PDM  atas kesediaan dan kehadirannya melaksanakan pengukuhan ini, demikian juga kepada hadirin sekalian yang telah meringankan langkah dan berpartisipasi dalam acara pengukuhan ini.
Kami menyadari bahwa kepemimpinan ini adalah suatu amanah, khususnya amanah Musycab-4 Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara yang dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2011 yang lalu. Dalam mengemban amanah ini kami mengajak kita semua bekerja bersama, bergandengan tangan demi kemajuan organisasi yang kita cintai ini khususnya di cabang Padangsidimpuan Utara. Marilah kita rajut tali silaturrahim dalam jalinan ukhuwah islam sehingga beban yang berat ini jika dipikul bersama akan semakin ringan.
Hadirin yang kami hormati.............
Sejak kami terima SK dari PDM Kota Padangsidimpuan pada tanggal 12 Agustus 2011 yang lalu, dengan segera PCM Padangsidimpuan Utara melakukan serah terima jabatan pimpinan pada tanggal 14 Juli 2011 hal dilakukan sesuai dengan AD Muhammadiyah pasal 17 ayat 3 yang menyatakan: serah terima dilakukan setelah disahkan oleh pimpinan di atasnya.
Sejak tanggal serah terima jabatan pimpinan tersebut PCM Padangsidimpuan utara mulai melakukan aktivitas. Hal tersebut sesuai dengan ART Muhammadiyah pasal 16 ayat 3 bahwa pimpinan-pimpinan dalam Muhammadiyah yang telah habis masa jabatanya, tetap menjalankan tugasnya sampai dilakukan serah terima jabatan dengan pimpinan yang baru.
Diantara aktivitas yang telah kita lakukan adalah   menyusun tanfidz musycab-4, penetapan susunan PCM, penetapan pedoman dan tata kerja PCM, acara silaturrahim antara PCM dengan PRM, rapat-rapat dan konsolidasi organisasi, serta kegiatan lain. Semua ini dapat kita lakukan atas kerja sama yang baik dan dukungan kita semua. Tentunya dimasa yang akan datang kerja sama ini perlu terus kita jalin sehingga program-program yang kita rencana dapat kita laksanakan.
Kami yakin kita tidak salah niat masuk kedalam Muhammadiyah, dan tidak salah niat bersedia menjadi pimpinan dalam Muhammadiyah karena kita yakin dengan Muhammadiyah ini akan dapat menghantarkan kita/ ummat Islam ke sorga jannatun na’im dengan keridhaan Allah yang Rahman dan Rahim.
 Jika maksud dan tujuan Muhammadiyah menegakkan dan menjunjung Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenarnya, maka idealnya tujuan kita masuk Muhammadiyah selaras dengan tujuan Muhammadiyah. Kita menjadikan persyarikatan Muhammadiyah sebagai sarana mewujudkan pribadi Islam yang sebenar-benarnya.
 Tetapi, bukan suatu hal yang mustahil, ada orang masuk Muhammadiyah yang memiliki tujuan yang tidak selaras dengan tujuan Muhammadiyah. Mereka ber-Muhammadiyah karena ada kepentingan atau tujuan-tujuan tertentu. Mereka ini menjadikan Muhammadiyah sebagai sarana batu loncatan  untuk meniti karir dibidang tertentu, berusaha menjadi pimpinan dalam Muhammadiyah dengan berbagai cara demi kepentingan tertentu  atau untuk mendapatkan keuntungan finansial, untuk memperoleh kedudukan dalam amal usaha Muhammadiyah dan lain-lain.
Hal mendesak yang mesti kita lakukan adalah konsoliadasi idiologis dengan mengintesifkan pembinaan idiologi Muhammadiyah, memasyarakatkan Manhaz gerakan Muhammadiyah. Disamping itu konsolidasi kelembagaan dengan kepemimpinan yang efektif sehingga kepemimpinan tidak bertumpu pada pigur tetapi berbasis pada sistem. Pembinaan kader, Angkatan Muda Muhammadiyah juga sangat penting karena merekalah sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna Muhammadiyah dimasa depan.
Dengan organisasi/shof yang teratur inilah kita tentu punya power, bagaikan bangunan yang kokoh. Oleh karena itu marilah luruskan niat dalam ber-Muhammadiyah ini. Dengan kesamaan visi dan tujuan, kesamaan antara ucap dan perbuatan dan ukhuwah yang kita rajut, Insya Allah Muhammadiyah khususnya di Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara ini dapat lebih maju dimasa yang akan datang.
Sekali kami berharap marilah kita bekerja sama, bergandeng tangan saling membantu mengemban amanah ini. Jika apa yang kami lakukan sebagai pimpinan cabang baik maka dukunglah kami, tetapi jika kami salah, khilap atau lupa tegur, kritik lah kami demi perbaikan Muhammadiyah kita dimasa yang akan datang.
Akhirnya sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada PDM atas kediaan dan kehadirannya dalam acara pengukuhan ini dan juga kepada kita semua atas kehadiran dan partisipasi dalam mensukseskan acara pengukuhan ini. Jika ada kata yang salah kami mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun.
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.----Af


Tidak ada komentar:

Posting Komentar