UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
TAPANULI SELATAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Program Studi :
Pendidikan Biologi
Mata Kuliah :
Belajar dan Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : FIK 20334
Bobot :
4 SKS
Semester :
III (tiga) Ganjil
Tahun Akademik :
Dosen Pengasuh MK : AFWAN
TARIHORAN, S.Pd.,M.Pd.
Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami konsep belajar & pembelajaran dan dapat
mengaplikasikannya serta dapat memecahkan masalah belajar
Perte
muan
|
Kompetensi Dasar
|
M a t e r i
|
Strategi
|
Indikator
|
Sumber/Bahan/Alat
|
I
s/d
IV
|
A. Mahasiswa
mampu mengkaji hakekat belajar dan teori belajar
|
A.
Konsep
dan Teori Belajar ber
1.
Konsep dan fungsi teori belajar
dan pembelajaran
2.
Teori Behavioristik
3.
Teori Kognitif
4.
Teori Humanistik
5.
Teori Sibernetik
|
Direct Instruction
|
Mahasiswa dapat :
1.
Menjelaskan pengertian belajar
2.
Memahami teori belajar dari
berbagai aliran
|
· Dimyati
dan Mudjono, 2006, Belajar dan pembelajaran Jakarta, Rineka Cipta (1-36)
· Dahar
Ratna Wilis, 1991, Teori-teori Belajar Bandung, Erlangga (10 – 108)
·
Abdul Hamid, 2007, Teori belajar dan pembelajaran
Medan, Pasca UNIMED (1-51)
|
V
s/d
VII
|
B. Mahsiswa
mampu mengkaji hakekat dan teori pembelajaran
|
B.
Teori
pembelajaran
1.
Variabel
Pembelajaran
2.
Hirarki
Pembelajaran
3.
Strategi
Pembelajaran Berbasis Teori belajar
|
Direct Instruction
|
Mahasiswa dapat :
1.
Menjelaskan pengertian pembelajaran
2.
Memahami teori pembelajaran
|
·
Ratna Wilis Dahar, 1991, Teori-teori Belajar Bandung, Erlangga (10-108)
·
Abdul Hamid, 2007, Teori belajar dan pembelajaran Medan,
. Pasca UNIMED (52-96)
|
VIII
s/d
IX
|
C. Mahasiswa
mampu mengkaji makna dan sistem pembelajaran
|
C. Konsep dan Makna Pembelajaran
1.
Arti
dan Makna pembelajajaran
2.
Sistem
dalam Pembelajaran
|
Direct Instruction
|
Mahasiswa dapat :
1.
Menjelaskan makna pembelajaran
2.
Menjelaskan sistem pembelajaran
|
· Syaiful
Sagala, 2006, Konsep dan Makna
Pembelajaran Bandung Alfabeta (61-115)
· Sardiman
A.M, 2007 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo
(19-56)
|
X
s/d
XII
|
D. Mahasiswa
mampu menerapkan prinsip-prinsip belajar
|
D.Prinsip-prinsip
Belajar dan Iplikasinya
1.
Perhatian
dan Motivasi
2.
Keaktifan
3.
Keterlibatan
siswa secara langsung
4.
Pengulangan
5.
Merangsang
dan menantang
6.
Balikan
dan Penguatan
7.
Perbedaan
individu
|
Direct Instruction
|
Mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan
prinsip-prinsip belajar
2. Menerapkan prinsip-prinsip belajar dalam pembelajaran
|
· Oemar
Hamalik, 2006. Proses Belajar Mengajar,
Bandung, Bumi Aksara (27-34)
· Syaiful
Sagala, 2006, Konsep dan Makna
Pembelajaran Bandung Alfabeta (1-60)
·
Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan pembelajaran Jakarta, Rineka Cipta (41-109)
|
XIII
s/d
XV
|
E. Mahasiswa menjelaskan hasil pembelajaran pada setiap kawasan/domain
pembelajaran
|
E.Hasil pembelajaran
1.
Keefektifan
pembelajaran
2.
Efesiensi
pembelajaran
3.
Daya
Tarik Pembelajaran
4.
Taksonomi
hasil pembelajaran
|
Direct Instruction
|
Mahasiswa dapat :
1.
Menjelaskan keefektifan dan
efesiensi pembelajaran
2.
Menjelaskan daya tarik dan
taksonomi hasil pembelajaran
|
·
Abdul Hamid, 2007, Teori belajar dan pembelajaran Medan,
. Pasca UNIMED
·
Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan pembelajaran Jakarta, Rineka Cipta (189-232)
|
XVI
|
UJIAN MID SEMESTER
|
|
|
|
|
XVII
s/d
XXIV
|
F. Mahasiswa
dapat memilih berbagai pendekatan pembelajaran
|
F.Pendekatan pembelajaran
1.
Teacher Centered Learning
a. Expositori
Learning
b.Quantum Teaching
c. Structutal
Based Teaching
2.
Student Centered Learning
a. CTL
= Contectual Teaching and Learning
b.CtL
= Cooperative Learning
c.
Inquiri
|
Penugasan
Seminar paper kecil
(kelompok
|
Mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan pembelajaran yang teacher centred
2. menjelaskan
pembelajaran yang student centred
|
·
S Nasution, 2008. Berbagai
pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta, Bumi Aksara (1-118)
·
Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta,
Rineka Cipta (158-185)
·
Wina Sanjaya, 2006, Pembelajaran Dalam Implementasi KBK,
Jakarta, Kencana Pranada Media Group (109-126)
·
Trianto, 2009. Mendesain
Model Pembelajaran Inovatif Progresip, Jakarta, Kencana Prenada Media Group
(41-87)
·
Arends Richad I, 2008.
Learning To Teach, Buku 1 Pustaka Pelajar, Yogyakarta,(293-320)
|
XXV
s/d
XXVIII
|
G. Mahasiswa
mampu menumbuhkan dan mengoptimal kan motivasi belajar
|
G.
Motivasi
belajar
1.Pengertian
dan fungsi motivasi
2. Macam-macam
motivasi
3. Unsur
yang mempengaruhi motivasi
4. Upaya
Meningkatkan Motivasi belajar
5.
Bentuk-bentuk motivasi di
sekolah
|
Penugasan
Seminar paper kecil
(kelompok
|
Mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan
pengertian pentingnya motivasi dan macam-macam motivasi
2. Menjelaskan
unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi
3. Menjelaskan
upaya meningkat kan motivasi
4. Menjelaskan
bentuk-bentuk motivasi di sekolah
|
·
Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta,
Rineka Cipta (78-108)
·
Wina Sanjaya ,2008, Kurikulum
dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan KTSP, Jakarta, Kencana
Media Grop (249-262)
|
XXIX
s/d
XXXI
|
H.
Mahasiswa mampu mengidenti
fikasi dan mengatasi masalah-masalah belajar dan pembelajaran
|
H.
Masalah-masalah
belajar
1.
Masalah Interen belajar dan
pembelajaran
2.
Faktor-faktor Eksteren
Belajar
3.
Upaya menangani masalah
belajar
|
Direct Instruction
|
Mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan masalah-masalah belajar
2. menjelaskan
uapaya penanganan masalah belajar
|
·
Oemar Hamalik, 2006, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Bumi
Aksara
·
Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta,
Rineka Cipta (235-288)
·
Popham J,1992 Teknik
Mengajar Secara Sistematik, Jakarta, Rineka Cipta
|
XXXII
|
UJIAN SEMESTER
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar