Senin, 10 Maret 2014

PIDATO PCM PADA TABLIGH AKBAR HARI MUHAMMADIYAH DI RANTING SADABUAN


Assalamu 'alaikum Wr. Wb
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. (QS. Ali Imran: 110)
 Pada hari ini Ahad, 10 Maret  2013  kita kembali berkumpul di ranting Sadabuan  ini dalam kegiatan Tablig Akbar yang kita sebut HARI MUHAMMADIYAH, setelah tiga bulan yang lalu di Ranting Muhamaadiyah Batang Ayumi Jae dan Isya Allah tiga bulan ke depan 09 Juni  2013 akan datang kita laksanakan pula di Ranting Muhammadiyah Payanggar.
Pimpinan Cabang Muhammadiyah Padangsidimpuan Utara mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya tabligh akbar ini, khususnya kepada panitia/ PRM  Sadabuan yang beberapa hari sebelum acara ini telah bekerja demi terlaksananya acara ini.
Seperti sudah kita sepakati bersama bahwa acara Tabligh Akbar Hari Muhammadiyah Cabang di ranting Sadabuan ini merupakan yang kelima kali kita laksanakan sejak yang pertama di Ranting Kampung Marancar, kedua Wek I Sigiring-giring,  ketiga Bonan Dolok dan keempat di ranting Batang Ayumi jae secara terjadwal sakali dalam tiga bulan. 
 Hadirin yang rahmati Allah....
Sebagai warga Muhammadiyah  sudah seharusnya kita memahami Apakah Muhammadiyah itu sebenarnya?. Dalam Kepribadian Muhammadiyah dijelaskan bahwa Muhammadiyah adalah suatu persyarikatan yang merupakan “Gerakan Islam”. Maksud gerakannya ialah “Da’wah Islam Amar Ma’ruf Nahi Mungkar” yang ditujukan kepada perseorangan dan Masyarakat.
Dengan melaksanakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi mungkar Muhammadiyah menggerakkan masyarakat menuju tujuannya yaitu“ menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”.  Dalam berjuang melaksanakan usahanya menuju tujuan tersebut, Muhammadiyah mendasarkan segala gerak dan amal usahanya dengan berpegang teguh akan ajaran Allah dan rasul-Nya, bergerak membangun disegenap bidang dan lapangan dengan mengunakan cara serta menempuh jalan yang di ridhoi Allah.
Hadirin yang berbahagia.....
Uraian tentang apakah Muhammadiyah itu menjelaskan kepada kita dakwah atau melaksanakan pengajian bagi Muhammadiyah merupakan suatu keniscayaan. Pengajian atau dakwah khususnya di kalangan anggota di ranting perlu semakin kita gembirakan. Jangan sampai di ranting tidak terlaksana pengajian karena pengajian merupakan ruhnya Muhammadiyah. Pada Anggaran Dasar Muhammadiyah pasal 5 ayat 2.a disebutkan bahwa salah satu syarat pendirian ranting sekurang-kurangnya mempunyai pengajian/ kursus anggota, sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan.
Alhamdulillah dari 8 ranting Muhammadiyah yang ada di cabang Padangsidimpuan Utara telah melaksanakan pengajian rutin sekali dalam satu pekan/ mingguan. Oleh karena itu melalui kesempatan ini PCM Padangsidimpuan Utara menghimbau dan mengajak seluruh PRM dan Anggota/simpatisan untuk lebih menggiatkan dan menghadiri pengajian khususnya di ranting.
Kami memahami bahwa berbagai upaya telah dilakukan oleh Pimpinan ranting dalam menggairah pengajian di ranting. Berbagai kendala sering  dihadapi sejak dari maslah kehadiran anggota, model pengajian yang relatif monoton dan kurang menarik, kendala ustadz/ penceramah, anggota yang tidak peduli dengan pengajian dan kendala-kendala lain. Bahkan tidak tertutup kemungkinan adanya perspektif anggota merasa ustadznya kurang berkualitas sehingga tidak perlu menghadiri pengajian.
Hadirin yang kami hormati.........
Kesemuanya itu jangan sampai melemahkan semangat kita untuk terus berupaya melaksanakan  pegajian khusus di ranting. Sekali lagi kami mengajak kita semua untuk terus berusaha, berupaya dengan berbagai cara yang tentunya tetap menempuh jalan yang diridhoi Allah untuk melaksanakan dan menghadiri pengajian. Jangan sampai diranting kita tidak ada pengajian. Tentunya apa yang kita lakukan dalam rangka da’wah amar ma’ruf nahi munkar dan mencari ridho Allah SWT.
Pirman Allah yang kita sampaikan di awal tadi menjelaskan kepada kita bahwa untuk menjadi ummat terbaik haruslah melakukan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dengan senantiasa iman kepada Allah. Ayat ini jelas senada dengan apa yang dinyatakan dalam kepribadian Muhammadiyah.
Hadirin yang di rahmati Allah.....
Seperti yang termaktup dalam kepribadian Muhammadiyah tentang Dasar Amal Usaha dan Perjuangan Muhammadiyah dijelaskan bahwa dalam perjuangan melaksanakan usahanya menuju tujuannya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT, dimana kesejahteraan, kebaikan dan kebahagiaan luas merata, Muhammadiyah mendasarkan segala gerak dan amal usahanya atas prinsip-prinsip yang tersimpul dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah yaitu: 
1.       Hidup manusia harus berdasarkan tauhid, ibadah dan taat kepada Allah.
2.       Hidup manusia bermasyarakat
3.       Mematuhi ajaran-ajaran agama  Islam dengan keyakinan bahwa ajaran Islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia akhirat
4.       Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dalam masyarakat adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah dan keikhlasan kepada kemanusiaan
5.       Ittiba kepada langkah perjuangan nabi Muhammad saw
6.       Melancarkan amal usaha dan perjuangan dengan ketertiban organisasi.
Dengan  dasar prinsip di atas maka apapun yang diusahakan dan bagaimanapun cara perjuangan Muhammadiyah untuk mencapai tujuan tunggalnya haruslah berpegang teguh kepada ajaran Allah dan RasulNya. Akhirnya marilah kita jadikan organisasi kita ini sebagai alat perjuangan, tentunya dengan pengharapan bahwa dengan Muhammadiyah yang kita cintai ini, akan dapat menghantarkan kita dan ummat Islam kepintu gerbang sorga “Jannatun Na’im dengan keridhaan Allah Yang Rahman dan Rahim”
Demikianlah pidato Pimpinan Cabang Padangsidimpuan Utara ini kami sampaikan atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Isya Allah kita akan bertemu dalam acara yang sama di Ranting Muhammadiyah Payanggar  pada tanggal 09 Juni 2013. Atas segala kekurangan saya mohon maaf atas  dan kepada Allah saya  mohon ampun.
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar