Senin, 03 Oktober 2011

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Program Studi                          : Pendidikan Biologi
Mata Kuliah                             : Belajar dan Pembelajaran
Kode Mata Kuliah                   :  FIK 20334
Bobot                                       : 4 SKS
Semester                                  : III (tiga) Ganjil
Tahun Akademik                     :
Dosen Pengasuh MK               : AFWAN TARIHORAN, S.Pd.,M.Pd.
Standar Kompetensi       : Mahasiswa mampu memahami konsep belajar & pembelajaran dan dapat mengaplikasikannya serta dapat memecahkan masalah belajar

Perte
muan
Kompetensi Dasar
M a t e r i
Strategi
Indikator
Sumber/Bahan/Alat
I
s/d
IV
A.     Mahasiswa mampu mengkaji hakekat belajar dan teori belajar
A.     Konsep dan Teori Belajar ber
1.      Konsep dan fungsi teori belajar dan pembelajaran
2.      Teori  Behavioristik
3.      Teori  Kognitif
4.      Teori Humanistik
5.      Teori Sibernetik
Direct Instruction



Mahasiswa dapat :
1.                  Menjelaskan pengertian belajar
2.                  Memahami teori belajar   dari berbagai aliran
·      Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan pembelajaran  Jakarta, Rineka Cipta (1-36)
·      Dahar Ratna Wilis, 1991, Teori-teori Belajar  Bandung, Erlangga (10 – 108)
·       Abdul Hamid, 2007, Teori belajar dan pembelajaran  Medan, Pasca UNIMED (1-51)
V
s/d
VII
B.     Mahsiswa mampu mengkaji hakekat dan teori pembelajaran
B.      Teori pembelajaran
1.      Variabel Pembelajaran
2.      Hirarki Pembelajaran
3.      Strategi Pembelajaran Berbasis Teori belajar
Direct Instruction



Mahasiswa dapat :
1.      Menjelaskan pengertian  pembelajaran
2.      Memahami teori pembelajaran
·      Ratna Wilis Dahar, 1991, Teori-teori Belajar  Bandung, Erlangga (10-108)
·      Abdul Hamid, 2007, Teori belajar dan pembelajaran  Medan,  .     Pasca UNIMED (52-96)
VIII
s/d
IX
C.     Mahasiswa mampu mengkaji makna dan sistem pembelajaran
C. Konsep dan Makna Pembelajaran
1.   Arti dan Makna pembelajajaran
2.   Sistem dalam Pembelajaran

Direct Instruction

Mahasiswa dapat :
1.      Menjelaskan makna pembelajaran
2.      Menjelaskan sistem pembelajaran




·      Syaiful Sagala, 2006, Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung Alfabeta (61-115)
·   Sardiman A.M, 2007 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo (19-56)

X
s/d
XII


D.     Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip belajar
D.Prinsip-prinsip Belajar dan Iplikasinya
1.         Perhatian dan Motivasi
2.         Keaktifan
3.         Keterlibatan siswa secara langsung
4.         Pengulangan
5.         Merangsang dan menantang
6.         Balikan dan Penguatan
7.         Perbedaan individu
Direct Instruction




Mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan prinsip-prinsip belajar
2. Menerapkan prinsip-prinsip belajar dalam pembelajaran

·      Oemar Hamalik, 2006. Proses Belajar Mengajar, Bandung, Bumi Aksara (27-34)
·      Syaiful Sagala, 2006, Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung Alfabeta (1-60)
·      Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan pembelajaran  Jakarta, Rineka Cipta (41-109)
XIII
s/d
XV
E.      Mahasiswa  menjelaskan hasil pembelajaran pada setiap kawasan/domain pembelajaran
E.Hasil pembelajaran
1.      Keefektifan pembelajaran
2.      Efesiensi pembelajaran
3.      Daya Tarik Pembelajaran
4.      Taksonomi hasil pembelajaran
Direct Instruction

Mahasiswa dapat :
1.      Menjelaskan keefektifan dan efesiensi pembelajaran
2.      Menjelaskan daya tarik dan taksonomi hasil pembelajaran
·      Abdul Hamid, 2007, Teori belajar dan pembelajaran  Medan,  .     Pasca UNIMED
·      Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan pembelajaran  Jakarta, Rineka Cipta (189-232)
XVI
UJIAN MID SEMESTER



XVII
s/d
XXIV
F.      Mahasiswa dapat memilih berbagai pendekatan pembelajaran
F.Pendekatan pembelajaran
1.      Teacher Centered Learning
a. Expositori Learning
b.Quantum Teaching
c. Structutal Based Teaching
2.      Student Centered Learning
a. CTL = Contectual Teaching and Learning
b.CtL = Cooperative Learning
c. Inquiri
Penugasan
Seminar paper kecil (kelompok


Mahasiswa dapat :
1.  Menjelaskan  pembelajaran yang teacher centred
2.  menjelaskan pembelajaran yang student centred

·         S Nasution, 2008. Berbagai pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta, Bumi Aksara (1-118)
·          Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta (158-185)
·         Wina Sanjaya, 2006, Pembelajaran Dalam Implementasi KBK, Jakarta, Kencana Pranada Media Group (109-126)
·         Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresip, Jakarta, Kencana Prenada Media Group (41-87)
·         Arends Richad I, 2008. Learning To Teach, Buku 1 Pustaka Pelajar, Yogyakarta,(293-320)

XXV
s/d
XXVIII
G.     Mahasiswa mampu menumbuhkan dan mengoptimal kan motivasi belajar
G. Motivasi belajar
1.Pengertian dan fungsi motivasi
2. Macam-macam motivasi
3. Unsur yang mempengaruhi motivasi
4. Upaya Meningkatkan Motivasi belajar
5.         Bentuk-bentuk motivasi di sekolah

Penugasan
Seminar paper kecil (kelompok




Mahasiswa dapat :
1.  Menjelaskan pengertian pentingnya motivasi dan  macam-macam motivasi
2.  Menjelaskan unsur-unsur  yang mempengaruhi motivasi
3.  Menjelaskan upaya meningkat kan motivasi
4.  Menjelaskan bentuk-bentuk motivasi di sekolah
·         Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta (78-108)
·         Wina Sanjaya ,2008,  Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan KTSP, Jakarta, Kencana Media Grop (249-262)

XXIX
s/d
XXXI
H.     Mahasiswa mampu mengidenti fikasi dan mengatasi masalah-masalah belajar dan pembelajaran
H. Masalah-masalah belajar
1.      Masalah Interen belajar dan pembelajaran
2.      Faktor-faktor Eksteren Belajar
3.      Upaya menangani masalah belajar


Direct Instruction


Mahasiswa dapat :
1.      Menjelaskan  masalah-masalah belajar
2.      menjelaskan uapaya penanganan masalah belajar

·         Oemar Hamalik, 2006, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Bumi Aksara
·         Dimyati dan Mudjono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta (235-288)
·         Popham J,1992  Teknik Mengajar Secara Sistematik, Jakarta, Rineka Cipta


XXXII
UJIAN SEMESTER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar